BERBAGI

BELAWAN, SIDIK24 – Sebagai seorang tenaga medis, tentu selalu berhubungan dengan masyarakat dari berbagai lapisan. Mulai dari masyarakat diperkotaan hingga masyarakat daerah paling terpencil.

Begitu juga dirasakan Nek Yung, sapaan akrab ibu bidan berusia 91 tahun yang tinggal di Kampung Nelayan Seberang Kelurahan Belawan I, Medan Belawan, Sumatera Utara.

Ia menekuni profesi sebagai bidan sejak 74 tahun silam. Selama itu pula, Nek Yung mengabdi sebagai bidan didaerah tempat tinggalnya itu.

Memang untuk menjalani profesi sebagai seorang bidan bukanlah hal yang mudah. Penempatan penugasan kerap menjadi bahan pertimbangan. Apalagi tinggal di seberang lautan yang terpencil dengan fasilitas seadanya.

Setidaknya keadaan itu sudah dirasakan Nek Yung di awal-awal dirinya menjalani profesi bidan.

Bukan itu saja, Nek Yung juga harus mampu memahami masyarakat pesisir, yang latar belakang pendidikan dan pengetahuannya berbeda dengan masyarakat perkotaan.

Tetapi semua keadaan itu tak menjadi alasan bagi Nek Yung untuk menolong berbuat baik. Sehingga semuanya mampu terlewati karena Nek Yung bekerja dengan ikhlas.

“Inilah seninya dan inilah tantangannya yang sudah hampir 74 tahun menjadi bidan seberang lautan. Hanya ini yang mampu saya berikan ke warga khususnya nelayan,” kata Nek Yung, Senin (05/8/2019). (dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here